Senin, 13 Agustus 2007

Syukur

Created by Ditdit Nugeraha Utama
Reviewed by it'sallaboutmindset management
Cited from http://ditditutama.blogspot.com/2007/08/syukur.html

Bissmillah...
Syukur berarti berterima kasih kepada ALLAH, mungkin itu definisi singkat yang sudah kita ketahui bersama. ALLAH dalam Al Qur'an pernah berfirman, "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti KAMI akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-KU), maka sesungguhnya adzab-KU sangat pedih" (QS Ibrahim [14]: 7)" (seperti itulah kira-kira artinya...).

Kita lihat satu per satu. "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti KAMI akan menambah (nikmat) kepadamu". Apa yang ditambah? Seperti apa ALLAH menambah nikmatNYA? Tambah-tambahan ALLAH tentulah bukan menggunakan rumusan matematika yang biasa kita gunakan. Satu tambah satu sama dengan dua. Tentunya tidak seperti itu (bisa saja sih seperti itu... tapi hukum pasti tidak berlaku untuk ALLAH, di mata ALLAH semua relatif). Saya pikir juga bukan pula hitung-hitungan seenak udel kita. Misal, seribu yang kita derma akan dilipatgandakan menjadi seribu kali lipatnya, belum lagi ditambah 70x lipatnya, belum lagi ditambah dengan apa yang ALLAH kehendaki. bolehlah kita menggunakan ilustrasi seperti itu, tapi kayaknya terlalu dangkal ya? kalau ukurannya adalah pahala, atau reward dari ALLAH, kayaknya itu tidak sepantasnya kita dapat. Kenapa lantas kita tidak mulai untuk berpikir terbalik, misal; saya tidak mau reward apapun atas apa-apa yang saya berikan sebagai shadaqoh saya, yang saya inginkan hanyalah RidhoALLAH, selesai! Ngapain bercape-cape ria, menghitung-hitung amalan yang sudah kita lakukan, kalau ujung-ujungnya ALLAH tidak Ridho. bolehlah hitung-hitungan itu dijadikan untuk perangsang kita berbuat baik, tapi tidak dijadikan tolok ukur, cukuplah Ikhlas sebagai awal niatan kita, dan RidhoALLAH sebagai akhir tujuan kita.

lalu bagai mana dengan ayat selanjutnya, "dan jika kamu mengingkari (nikmat-KU), maka sesungguhnya adzab-KU sangat pedih". sepedih apa? sehebat apa? apakah sengeri apa yang ada pada tayangan sinetron televisi? sekali lagi, bolehlah ilustrasi-ilustrasi itu dijadikan sebagai pendorong perlakuan amal baik kita, namun saya yakin, bahwa azab ALLAH memang sangat pedih, tanpa kita bisa bayangkan kepedihannya (bahkan belum pernah terlihat mata, belum pernah terasa hati, dan belum pernah terbayangkan oleh akal).

Lalu, syukur yang seperti apa yang harus kita lakukan? Rasulullah pernah bersabda "Jika ada orang yang beriman, telah melakukan sebuah aktivitas, lalu dia mengucapkan Alhamdulillah, maka telah dicatat di sisi ALLAH sebagai orang yang bersyukur". Secara semangat psikis ini merupakan statement hebat. Kenapa hebat? Bayangkan, berapa banyak aktivitas yang kita lakukan dalam sehari? Dalam 1 jam? Dalam 1 menit? Apakah belajar bukan aktivitas? Apakah makan bukan aktivitas? Apakah duduk bukan sebuah aktivitas? Apakah bernafas atau tidur sekalipun bukan sebuah aktivitas? Semua itu aktivitas bukan? Lalu bagaimana kalau setiap hela nafas kita, kerlingan mata kita, setiap denyut nadi bahkan detak jantung kita, kita mengucapkan Hamdallah? Berapa banyak dalam sehari kita ucapkan Hamdallah?? (Saya kira, Kita tidak akan pernah sempat berpikir untuk mengucapkan hal-hal yang kurang berguna, jika hati dan bibir ini berucap syukur terus-menerus tanpa henti... Wajarlah jika kita disebut umat yang bersyukur, karena ucapan ringan tetapi sangat besar artinya di mata ALLAH itu). Mudah-mudahan ucapan Hamdallah ini dicatat oleh ALLAH sebagai kebiasaan kita dalam mengucapkan kalimat-kalimat Toyyibah, Amin!

Tapi, ucapan Hamdallah harusnya sudah merupakan kebiasaan kita umat Islam. Kebiasaan alamiah umat pilihan. Tinggal kita sedikit lagi bisa menggeser arti syukur ke makna yang lebih hebat, yaitu makna bersyukur yang lebih luas. Nilai-nilai islami yang diwariskan oleh Rosulullah dan orang-orang pilihan terdahulu janganlah diabaikan, atau bahkan orang lain (orang di luar islam) lah yang menggunakan jargon-jargon profesionalisme untuk kebutuhan mereka, padahal itu jelas-jelas nilai islam yang hakiki. Sebutlah, on time, respecting, care of, efficient, effective, responsibility dan masih banyak lagi, itu semua adalah nilai-nilai islam yang sebenarnya.

Bayangkan jika implementasi rasa Syukur ini sudah diwujudkan tidak hanya dalam ucapan (jangan... jangan... ucapan pun tidak? "Maaf..."), ini semua akan menjadi bukti nyata kita sebagai umat panutan, umat pilihan, umat terbaik menurut versi ALLAH, bukan versi orang.

Jadi, mulailah dengan diri kita, mulailah dengan membuang struk jalan tol pada tempatnya, mulailah dengan tidak merokok di depan umum atau kalau bisa berhentilah merokok (Rasulullah tidak merokok loh....), mulailah dengan mengganti lampu dengan lampu hemat energi, mulailah dengan berjalanlah di sebelah kiri jalan, mulailah dengan menunggu lampu merah sampai hijau menyala kemudian baru kita jalankan mobil atau motor kita, mulailah dengan tidak memotong marka jalan di jalan raya, mulailah dengan tidak menyalip kendaraan orang dari sebelah kiri, mulailah dengan menyalakan lampu mobil ketika kita melintas di terowongan jalan tol, mulailah dengan menghabiskan air minum yang disediakan oleh OB kita di kantor (mubazir loh...), mulailah dengan men-set timer untuk alat-alat elektronik kita, mulailah dengan membuka jas di dalam kantor dan membuat suhu AC kita lebih hangat (isu globalwarming ini hebat loh....), mulailah dengan menggunakan helm untuk mengendarai motor walupun hanya di dalam kompleks, mulailah dengan menghabiskan makanan yang kita beli, mulailah dengan tersenyum dengan orang lain jika kita berpapasan, mulailah dengan menyapa orang lain duluan, mulailah dengan menanam satu pohon di depan rumah kita, mulailah dengan mengurangi penggunaan kertas, mulailah dengan mengurangi bahan plastik, mulailah dengan selalu berfikir positif, mulailah dengan mengucapkan "terima kasih" kepada orang lain, mulailah dengan meletakkan lagi barang di tempatnya ketika kita selesai menggunakannya, mulailah dengan membaca Al Qur'an setiap hari walau pun hanya satu ayat (baca tafsirnya juga ya, lalu tanyakan ke ahlinya agar terjadi Continous Learning habit...), mulailah dengan.... mulailah dengan.... mudah-mudahan itu semua dicatat oleh ALLAH sebagai implementasi rasa syukur kita kepadaNYA, Amin...

Alhamdulillah....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar